Pengadilan Agama Jakarta Barat

Perkara Terdaftar
Perkara Sidang
Perkara Diputus
Keuangan Perkara
Detail Perkara
VISI... MEWUJUDKAN BADAN PERADILAN YANG AGUNG... MISI... Memberikan pelayanan terhadap masyarakat dengan proses sederhana, cepat dan biaya ringan serta ramah dalam melayani masyarakat pencari keadilan. Mewujudkan rasa keadilan pada masyarakat pencari keadilan sesuai dengan UU dan Peraturan hukum yang berlaku. Melakukan kekuasaan kehakiman yang mandiri dan tidak memihak serta terhindar dari campur tangan pihak lain. Memperbaiki akses pelayanan agar masyarakat dapat mudah untuk mendapatkan informasi. Mewujudkan institusi peradilan yang bermatabat dan moralitas agar masyarakat dapat dipercaya dan menghormatinya. Membuka akses informasi secara luas dengan mengunakan sarana informasi teknologi...
Pengadilan Agama Jakarta Barat Mengucapkan
Home
Rapat Koordinasi Kepaniteraan
17 Agustus 2014

Rapat Ketua Dengan Jajaran Hakim dan Kepaniteraan Senin (25/08/2014) Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat, Drs.Abd Hakim, MHI membuka rapat dengan jajaran Hakim dan Kepaniteraan sekaligus memberikan arahan mengenai :
  1. Susunan Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Barat. Dengan mutasi Drs.M Rizal, SH, MH. Hakim Pengadilan Agama Jakarta Barat menjadi Hakim Pengadilan Agama Semarang dan telah dilantik pada tanggal 22 Agustus 2014, sehingga terjadi perubahan dalam susunan majelis hakim. Perubahan hanya berdasarkan kondisi saat ini dan tidak ada perubahan yang mendasar. Dimana tetap berkas mengikuti majelis hakim yang ditetapkan. Yang sedikit berbeda dengan dimasukannya hari Jumat sebagai hari yantg dapat dilakukan persidangan . Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pelayanan terpadu yang melibatkan instansi pemerintah lain. Ketua menambahkan Urutan kode majelis hakim yakni C5 tetap dikosongkan. Perubahan senioritas terjadi 1 tahun 1 kali dan akan dilakukan pada akhir tahun. Hal ini juga mempunyai kaitan dengan laporan perkara.
Penulis: Umi Salamah Tanggal: Senin, 25 Agustus 2014 Dilihat sebanyak 33 kali



Puncak Peringatan HUT Mahkamah Agung RI Ke 69
17 Agustus 2014
17 Agustus 2014 17 Agustus 2014


Semaraknya Puncak Peringatan HUT Mahkamah Agung RI Ke 69 Dalam rangka ulang tahun Mahkamah Agung RI yang ke 69 pada hari Minggu (24/08/2014) diadakan gerak jalan sehat keluarga besar Mahkamah Agung RI. Acara diikuti oleh seuruh keluarga MA baik yang ada di Pusat maupun warga peradilan se Jakarta Bogor Depok Tangerang serta wilayah lain yang berpartisipasi. Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Mahamah Agung RI yang mulia Dr. Hatta Ali, SH, MH. Beliau menekankan dengan peringatan ulang tahun ini semakin mengobarkan semangat pembaruan sehingga kita dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadiilan. Untuk itu tema ulang than MA saat ini adalah 'Dengan semangat pembaruan kita Ciptakan peradilan berbasis pelayanan' Ketua MA membuka secara resmi acara gerak jalan sehat . Selain itu diadakan pula bakti social lainnya berupa donor darah. kegiatan hiburan yang dimeriahkan oleh para artis ibukota seperti ozzy syahputra, Bertrand, Siti Liza, Indra Brugman dan lain-lain serta dimeriahkan dengan music dan komedi dari Second Born. Acara ditutup dengan pembagian door prize yang jumlahnya ratusan buah dengan Motor Mega Pro sebagai Grand Prize. Alhamdulillah acara berjalan dengan sukses, semoga kita dapat bertemu di tahun depan. (Umi Salamah).
Penulis: Umi Salamah Tanggal: Senin, 25 Agustus 2014 Dilihat sebanyak 29 kali



Rapat Pengarahan Ketua kepada seluruh Pegawai
17 Agustus 2014

Setelah Selesai persidangan bertempat di ruang sidang satu Pengadilan Agama Jakarta Barat (14/08/2014) diadakan rapat pembinaan. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat, Drs. Abd. Hakim, MHI melibatkan seluruh pegawai, semua unsur pimpinan, Hakim, pejabat struktural dan fungsional serta seluruh staf. Rapat membahas persiapan peringatan hari kemerdekaan RI ke 69 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2014, lomba website yang diadakan dalam rangka Ulang tahun Peradilan Agama, mengantar hakim Pengadilan Agama Jakarta Barat, Drs. M. Rizal, SH, MH. yang akan mutasi ke Pengadilan Agama Semarang serta ulang tahun Mahkamh Agung yang ke 69. Dalam arahannya ketua berharap agar kita semua dapat mensukseskan program-program tersebut. Selain itu Ketua meminta kita agar meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan. Salah satu caranya dengan tetap menggunakan SIADPA Plus sehingga semua data-data perkara yang ada dapat dilihat melalu Website Pengadilan Agama Jakarta Barat. Tidak lupa beliau mengingatkan semua jajaran pegawai memantau dan bagian IT untuk mengupdate data dan berita yang terdapat di website Pengadilan Agama Jakarta Barat. Setelah acara tanya jawab rapat ditutup dengan ucapan alhamdulillah. (Umi S)
Penulis: Dika Andrian Tanggal: Senin, 25 Agustus 2014 Dilihat sebanyak 28 kali



Pegawai Pengadilan Agama Jakarta Barat Apel Hari Kemerdekaan
17 Agustus 2014

Bertempat di Pengadilan Tinggi Agama Jakarta, Minggu 17 Agustus 2014 diadakan Upacara memperingati detik-detik kemerdekaan Republik Indopnesia yang ke-69. Upacara dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jakarta (Dr. H. Khalilurahman, MA) sebagai Pembina Upacara. Upacara diikuti oleh jajaran pimpinan PTA Jakarta, PA diwilayah hukum DKI Jakarta, Seluruh Pegawai PTA dan PA di Wilayah Hukum DKI Jakarta dan Dharma Yukti dilingkungan PTA Jakarta.

Setelah barisan siap dilanjutkan dengan Pengibaran sang saka bendera merah putih, pembacaan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Proklamasi serta Pancasila, dan pengheningan cipta yang diikuti dengan khidmat oleh seluruh peserta upacara. Selanjutnya sambutan oleh Ketua PTA Jakarta lalu terakhir diakhiri dengan doa. Untuk menambah semarak dan meningkatkan rasa cinta tanah air, nasionalisme Indonesia Panitia mengadakan beberapa perlombaan yang yang diikuti oleh para pegawai dan jajaran pimpinan yang berlansung dengan meriah. (Umi)
Penulis: Dika Andrian Tanggal: Senin, 18 Agustus 2014 Dilihat sebanyak 50 kali



Tahap Pembangunan Gedung Pengadilan Agama Jakarta Barat
Gedung PAJB

Gedung PAJB Gedung PAJB


Pelaksanaan pembangunan Gedung Pengadilan Agama Jakata Barat tahap Ke II dimulai. Pembangunan gedung sebagai salah satu parameter sarana fisik program reformasi dibidang hukum, program reformasi birokrasi yang dicanangkan Mahkamah Agung tahun 2007 agar lembaga peradilan dapat memberikan kenyamanan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat khususnya pencari keadilan. Pelaksanaan pembangunan fisik tersebut dialokasikan diantaranya untuk peradilan agama, satu diantaranya Pengadilan Agama Jakarta Barat. Pembangunan dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2013. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jakarta, Dr. H. Khalilurahman, SH, MH. Pembangunan Tahap I dilakukan Agustus 2013 sampai dengan Desember 2013. Pembangunan Tahap ke II dilakukan sejak kontrak ditandatangi, yakni 20 Juni 2014 dan masih berlangsung dengan progres yang diharapkan sesuai perencanaan.
Penulis: Umi Tanggal: Senin, 11 Agustus 2014 Dilihat sebanyak 173 kali



Mati Lampu Tidak Menyurutkan Semangat Kerja Kami
Mati Lampu
Penulis: Dika Andrian, S. Kom Tanggal: Senin, 11 Agustus 2014 Dilihat sebanyak 59 kali



Hatiwas Pantau Pelayanan Publik di PA Jakarta Barat
Halal Bihalal PTA

Halal Bihalal PTA Halal Bihalal PTA


Hatiwas Pantau Pelayanan Publik di PA Jakarta Barat Selasa (05/08/2014) Pengadilan Agama Jakarta Barat kedatangan Hakim Tinggi Pengawas Pengadilan Tinggi Agama Jakarta. Rombongan dipimpin oleh Drs. H. Ohan Suherman, SH, MH. dengan beranggotakan Drs. H. Muhlis, SH, M. Hum. dan H. Nursani, SH. Wakil Sekertaris PTA Jakarta. Kedatangan Para Hatiwas selain untuk melihat kedisiplinan juga untuk memantau pelayanan publik di Pengadilan Agama Jakarta Barat. Kedatangannya disambut oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat, Drs. H. Moch. Sukkri, SH, MH. dan Panitera, Eliakim Sihotang, SH. serta seluruh karyawan /ti. (umi)
Penulis: Dika Andrian, S. Kom Tanggal: Selasa, 05 Agustus 2014 Dilihat sebanyak 39 kali



Sidang Pertama Setelah Idul Fitri 1435 H
Sidang Pertama Setelah Lebaran 1435 H

Hari Pertama Masuk Kerja di Awal Agustus 2014 Senin (04/08/2014) merupakan hari pertama beraktifitas untuk semua pegawai Negeri Sipil di Indonesia, tidak terkecuali di Pengadilan Agama Jakarta Barat. Semangat kerja yang tinggi terlihat dari wajah sebagian besar para karyawan/ti PA Jakarta Barat. Dari data yang ada tercatat jumlah pegawai yang hadir 47 orang, sedangkan yang Cuti tahunan 3 orang, Cuti bersalin 1 orang dan Cuti sakit 2 orang dari jumlah Pegawai yang berjumlah 54 orang. Masih diliput semangat kebersamaan Ramadhan 1435 H. Masuk kerja pada Awal Syawal ini para pegawai melakukan silaturahmi antar ruangan, berhalal bi halal. Pelayanan publik terlihat sudah mulai ramai. Persidangan sudah ada walaupun belum sebanyak biasanya.Pendaftaran perkara belum banyak baru 7 berkas, 6 cerai gugat dan 1 permohonan. Yang menarik pengambilan akta cerai melebihi hari-hari biasa, yakni 20 (dua puluh) buah. Untuk pekerjaan rutin terlihat kesibukan dalam menyusun laporan bulanan baik perkara maupun sekertariat. Semua berpacu agar laporan dapat dikirim sebelum minggu ke dua bulan ini. Begitu juga dibagian unit lain Semua bersemangat untuk menyelesaikan tugas dan kewajibannya. Semua berharap semoga hari esok lebih baik dari hari ini. Kerja milik dan kewajiban setiap pegawai dan semoga kesejahteraan yang adil juga untuk semua pegawai. Amin. (umi)
Penulis: Dika Andrian, S. Kom Tanggal: Senin, 04 Agustus 2014 Dilihat sebanyak 33 kali



Buka Puasa Bersama di Pengadilan Agama Jakarta Barat
Rabu (16/07/14) Pengadilan Agama Jakarta Barat mengadakan buka bersama. Acara dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Jakarta, para Hakim Tinggi Pengawas, Panitera, Wakil Sekertaris PTA Jakarta dan tentu saja Ketua dan warga Pengadilan Agama Jakarta Barat. Acara dibuka dengan membaca Basmalah. Selanjutnya ucapan selamat datang dari Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat, Drs.Abd.Hakim,MHI dilanjutkan pembinaan dari Ketua PTA Jakarta, Dr.Khalilurahman, SH.MH yang berharap agar Pengadilan Agama Jakarta Barat bersama sama dengan Pengadilan Agama lainnya di wilayah hukum Jakarta dapat menjadi percontohan bagi Pengadilan Agama di seluruh Indonesia. Tidak lama kemudian Azan maghrib berkumandang.Dengan membaca Allahumma lakashumtu Wabika amantu Wa Ala Rizqika Afthortu Birohmatika Ya Arhamarrohimin semua segera berbuka. Selamat berbuka semoga kita dapat bertemu dengan Ramadhan di tahun berikutnya. (Umi).
Penulis: Umi Tanggal: Selasa, 22 Juli 2014 Dilihat sebanyak 53 kali



Sosialisasi Kertas A4 untuk BAS
Sosialisasi Kertas A4 untuk BAS
Sosialisasi Kertas A4 untuk BAS di Pengadilan Agama Jakarta Barat Sesudah Sholat zuhur dan tausiah acara kegiatan Ramdhan di Pengadilan Agama Jakarta Barat pada hari kamis (10/07/2014) dilanjutkan dengan sosialisasi penggunaan kertas A4 dengan berat 70 gram dalam pembuatan berita acara sidang. Acara dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat, Drs. Abd Hakim, SH, M. Hi., dihadiri oleh Wakil Ketua, para Hakim, pejabat struktural, fungsional dan wakil Pos bantuan hukum Mandiri syariah. Berdasarkan buku II yang dikeluarkan oleh Badan Peradilan Agama (Badilag) MARI diwajibkan untuk menggunakan kertas A4 70 gram dalam pembuatan berita acara sidang. Kepada Unit terkait seperti Pobakum yang membantu para pihak dalam membuat gugatan/permohonan, para juru sita dalam hal pembuatan panggilan dan para panitera pengganti yang membuat berita acara sidang serta hakim untuk pembuatan putusan harus menyesuaikan ketentuan tersebut. Sebagaimana diketahui tata persuratan internasional menggunakan kertas jenis ini. Beliau berharap Penggunaan kertas ini sesegera mungkin dan untuk itu unit kepaniteraan telah menyediakan stock kertas A4 dalam jumlah yang cukup. Setelah tanya jawab antara Ketua dan peserta rapat, maka acara diakhiri dan peserta kembali ke ruang tugas masing-masing. (umi)
Penulis: umi Tanggal: Rabu, 16 Juli 2014 Dilihat sebanyak 95 kali



Halaman 1 2 3 4 5 6 7 8
Penilaian Kepuasan Pelayanan Kami
Contoh Survey Penilaian Kepuasan Pelayanan Kami:
Contoh Survey Penilaian Kepuasan Pelayanan Kami Contoh Survey Penilaian Kepuasan Pelayanan Kami Contoh Survey Penilaian Kepuasan Pelayanan Kami
Fanspage Pengadilan Agama Jakarta Barat
Bergabunglah Dengan Fanspage Kami... ^_^
Maka Anda Akan Mendapatkan Informasi Informasi Dari Kami... ^_^
Bergabunglah Dengan Fanspage Kami... ^_^



Pengadilan Agama Jakarta Barat

×