Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat... Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat... Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat... Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat... Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat... Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat... Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat... Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Jakarta Barat...
Pimpinan
Pendapat Anda
Apa Yang Anda Ingin ?


Berita Duka Cita
Berita Duka Cita Pengadilan Agama Jakarta Barat
Berita
PA Jakarta Barat Kantongi Sertifikat ISO Versi Terbaru

Penyerahan sertifikat SNI ISO 9001 : 2015dari KPTA Jakarta Dr. H. Khalilurrahman kepada KPA Jakarta Barat Drs. H. ABD. Latif, MH

Pada Hari jum’at tanggal 22 Juli 2016 bertempat di aula Pengadilan Agama Jakarta Barat secara resmi Sertifikat ISO diserahkan oleh Presiden Direktur PT Amerika Sistem Registrasi Internasional Indonesia (PT Asricert Indonesia) Ir. Hasnop Putra, A. Md kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jakarta Dr. H. Khalilurrahman dan selanjutnya diserahkan kepada Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat Drs. H. ABD. Latif, MH setelah sebelumnya dilakukan audit pada tanggal 22, 27, 28 Juni 2016 oleh tim auditor, dan dinyatakan telah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan sertifikat SNI ISO 9001 : 2015.



Dengan diserahkannya sertifikat ISO beserta salinannya itu, maka PA Jakarta Barat kini menyandang predikat sebagai Pengadilan Agama pertama yang sukses meraih sertifikat ISO terbaru, yaitu SNI ISO 9001 : 2015.

Pengadilan Agama Jakarta Barat mempersiapkan diri untuk meraih sertifikat SNI ISO 9001: 2015 sejak 23 Maret 2016 dengan membentuk tim Management Representatif yang dikordinasi oleh DR. H. Amam Fakhrur SH. MH. (Wakil Ketua) dan tim Auditor Internal yang dikordinasikan oleh Drs. Ali Mas’at SH. (Hakim) dan didampingi oleh Konsultan PT. Phytagoras Global.

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Tim Management Representatif dan Auditor Internal beserta seluruh aparatur Pengadilan Agama Jakarta Barat yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh dan mempunyai komitmen yang kuat dalam menerapkan Menejemen Mutu SNI ISO 9001 : 2015. Dan beliau menegaskan bahwa penerapan menejemen ini adalah berkelanjutan.


Tim Auditor Internal


Seluruh Tim Management Representatif

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jakarta memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada segenap aparatur Pengadilan Agama Jakarta Barat yang telah berikhtiar untuk memperoleh kesuksesan mendapatkan sertifikat ini, dengan harapan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan semakin meningkat.


Dirjen Badan Peradilan Agama MARI Drs. H. ABD. Manaf, MH. memberikan pengarahan dan pembinaan

Acara penyerahan sertifikat ISO ini juga dihadiri oleh Dirjen Badan Peradilan Agama MARI Drs. H. ABD. Manaf, MH. Beliau memberikan pengarahan dan pembinaan kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Jakarta Barat usai upacara penerimaan ISO ditutup.


Dibuat Oleh Tanggal: 25 Juli 2016

Opening Audit Eksternal Sertifikasi ISO 9001:2015 Pengadilan Agama Jakarta Barat


Pada hari ini Rabu tanggal 22 Juni 2016 bertepatan dengan HUT Kota Jakarta yang ke 489, Pengadilan Agama Jakarta Barat mengadakan Audit Eksternal Sertifikasi ISO 9001:2015. Acara yang dimulai pada pukul 08.30 dengan Opening Meeting yang dibuka oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat selaku Ketua Management Representative Sertifikasi ISO 9001:2015 yaitu Dr. H. Amam Fakhrur, S.H., M.H. yang dihadiri oleh Tim Audit Eksternal ASR Internasional Indonesia, Ketua dan seluruh Pegawai Pengadilan Agama Jakarta Barat. Audit Eksternal untuk memverifikasi dokumen sesuai dengan klausula ISO 9001:2015. Kemudian tim audit melakukan pengkoreksian dan peninjauan ke masing-masing bagian. Hasil temuan yang telah disusun tersebut kemudian dipaparkan dalam Closing Meeting dan selanjutnya hasil temuan yang didapatkan didiskusikan dan disusun sebagai bahan perbaikan serta tolak ukur kemajuan dalam penerapan Sistem Manajemen Mutu sesuai dengan Standar Mutu ISO 9001:2015.

Dibuat Oleh Tri Jumiyati, SH. Tanggal: 25 Juli 2016

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Panitera Muda Hukum, Panitera Muda Gugatan serta Panitera Pengganti Pengadilan Agama Jakarta Barat
Dengan suasana yang sederhana dan khidmat, pada hari Kamis tanggal 20 Agustus 2015 pukul 14.00 WIB, bertempat di ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Jakarta Barat telah dilaksanakan acara pelantikan Panitera Muda Hukum, Panitera Muda Gugatan dan Panitera Pengganti. Acara ini dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera/Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional serta Karyawan/Karyawati Pengadilan Agama Jakarta Barat. Panitera Muda Hukum ditempati oleh Syamsul Rizal, S.H. (SK Dirjen Badilag Nomor : 1439/DJA/KP.04.6/SK/6/2015 tanggal 17 Juni 2015), yang sebelumnya menjabat Panitera Muda Gugatan menggantikan posisi Adri Syarifuddin Sulaiman, S.H., M.H yang sekarang menjadi Wakil Panitera di Pengadilan Agama Jakarta Utara (SK Dirjen Badilag Nomor : 1440/DJA/KP.04.6/SK/6/2015 tanggal 17 Juni 2015). Untuk Panitera Muda Gugatan ditempati oleh Hj. Nisrin, S.H., M.H (SK Dirjen Badilag Nomor : 1438/DJA/KP.04.6/SK/6/2015 tanggal 17 Juni 2015) yang sebelumnya menjabat sebagai Panitera Pengganti. Jabatan baru yang harus diemban oleh perempuan berdarah Aceh ini dengan harapan bisa memberikan penyegaran dan warna baru diposisi tersebut. Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI, juga mengangkat pegawai menjadi Panitera Pengganti pada Pengadilan Agama Jakarta Barat antara lain Suparno, S.H, Donny Sulistiyantoro, S.H, Nyamiani, S.H, dan Ria Amalia Sari, S.H., M.H ( SK Dirjen Badilag Nomor : 1649, 1613, 1612, 1668/DJA/KP.04.6/SK/6/2015 tanggal 30 Juni 2015). Dengan diangkatnya mereka jumlah Panitera Pengganti di Pengadilan Agama Jakarta Barat bertambah menjadi 16. Dalam pengarahannya Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat memberikan ucapan selamat kepada para Pejabat-pejabat yang baru dilantik dan berpesan agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Terakhir, adalah pembacaan do’a yang dipimpin oleh Drs. H. Abdul Hadi, M.H.I (Hakim Pengadilan Agama Jakarta Barat) kemudian dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada Pejabat-pejabat yang baru dilantik.

Dibuat Oleh Dika Andrian, S. Kom, SH. Tanggal: 28 Juni 2016

Senam Pagi PA Jakarta Barat


Sudah menjadi rutinitas, setiap satu bulan sekali diadakan senam pagi bersama yang diikuti seluruh Keluarga Besar Pengadilan Agama Jakarta Barat. Senam dilaksanakan pada hari Jum’at yang dimulai sekitar pukul 07.30. Senam pagi dilakukan untuk menjaga kesehatan agar badan selalu sehat dan prima disela-sela melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Setelah mengadakan senam bersama kemudian dilanjutkan dengan makan bersama yang dapat meningkatkan energi karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat (Mens sana ini corpora sano).

Dibuat Oleh Dika Andrian, S. Kom, SH. Tanggal: 28 Juni 2016

Pengawasan PTA Jakarta
Pada hari Selasa tanggal 17 November 2015, Pengadilan Tinggi Agama Jakarta mengunjungi Pengadilan Agama Jakarta Barat dalam rangka Pengawasan yang bertujuan agar pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku. Pengawasan dilakukan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 17 November s.d 19 November 2015. Tim Pengawas terdiri dari Hakim Tinggi antara lain Drs. H. Busri Harun, S.H., M.Ag, Drs. H. Sam’un Abduh, S.Q, M.H., Drs. H. Musfizal Musa, S.H., M.H., Drs. H. Muslih Munawar, S.H. serta Panitera Pengganti yaitu Abdullah, S.H., M.H.


Tim Pengawas mulai bergerak dengan memeriksa bagian Kepaniteraan mulai dari Meja Pendaftaran, Buku Register Perkara, Keuangan Perkara kemudian mengambil sampel berkas perkara. Hakim Tinngi PTA Jakarta sedang memeriksa petugas keuangan perkara Hakim Tinngi PTA Jakarta sedang memeriksa petugas keuangan perkara Suasana pengawasan yang dilakukan oleh Tim Pengawas Pengadilan Tinggi Agama Jakarta berjalan dengan lancer karena setiap hal dan bidang yang diminta untuk dilihat dan diperiksa dengan cepat diberikan kepada Tim Pengawas. Pelayanan kepada para masyarakat tetap berjalan dengan baik, mulai dari penerimaan perkara, proses persidangan serta pelayanan pengambilan akte cerai dan salinan putusan.(TJ)

Dibuat Oleh Dika Andrian, S. Kom, SH. Tanggal: 25 Juli 2016

Presentasi Pejabat Pengadilan Agama Di Rapat Koordinasi Dengan Pemerintah Kota Jakarta Barat
Pengadilan Agama Jakarta Barat pada hari Rabu tanggal 25 Nopember 2015 bersama dengan Pemerintahan Kota Adminsitrasi Jakarta Barat mengadakan Rapat Koordinasi yang diikuti oleh Para SKPD, Camat dan Lurah se Wialayah Kota Administrasi Jakarta Barat sedangkan dari Pengadilan Agama Jakarta Barat dihadiri Ketua ( Drs. H. Abd. Latif, MH. ), Wakil Ketua ( Dr. H. Amam Fakhrur, SH.MH.) dan Wakil Panitera ( H. Hafany Baihaqi, LC. SH. ). Acara ini meindaklanjuti pertemuan antara Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat ( Drs. H. Abd. Latif, MH. ) dengan Walikota Jakarta Barat ( H.M. Anas Efendi, SH.MM. ). Rapat Koordinasi di pandu oleh Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Barat ( Denny Ramdany, MSI ).


Drs. H. Abd. Latif, MH. sebagai nara sumber pertama yang menyampaikan materi seputar kedudukan, kewenangan dan tugas peradilan agama itu antara lain menyampaikan eksistensi peradilan agama dalam konstitusi negara, yaitu Pasal 24 ayat 2 Undang-Undang Dasar 1945 pasca amandemen dan Pasal 18 Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009 Tentang Kekuasan Kehakiman, dimana peradilan agama merupakan salah satu pelaksana kekuasan kehakiman yang bertugas menerima, memeriksa, mengadili dan memutus serta menyelesaikan perkara antara orang-orang yang beragama Islam termasuk orang atau badan hukum yang menundukkan diri dengan sukarela kepada hukum Islam mengenai ekonomi syari’ah yang menjadi kewenangan Pengadilan Agama (Penjelasan Pasal 49 UU No. 3 Th 2006 jo. Pasal 55 UU No. 21 Th 2008 Ttg.Perbankan Syariah). Disamping itu dalam paparannya, ia juga menyampaikan ketentuan Pasal 390 ayat (1) HIR (Herzien Inlandsch Reglement) yang intinya bahwa apabila Jurusita dalam menyampaikan relaas (surat panggilan sidang) kepada orang yang bersangkutan ternyata tidak dijumpai di tempat diam atau tempat tinggalnya maka relaas tersebut harus disampaikan kepada Kepala Kelurahan/Beq dan Kepala Kelurahan tersebut wajib dengan segera menyampaikan relaas tersebut kepada orang yang bersangkutan sendiri. “Hal ini sangat penting untuk diperhatikan oleh aparat Kelurahan agar pihak yang bersangkutan tidak dirugikan karena tidak sampainya relaas tersebut kepada dirinya, sehingga ia tidak dapat membela hak-hak keperdataannya”, imbuhnya. Selain pemanggilan ada juga Descente, Sita Jaminan dan Eksekusi yang memerlukan koordinasi dengan Kelurahan. Sementara itu dalam sesi berikutnya sebagai nara sumber adalah Dr. H. Amam Fakhrur, SH. MH. Topik pembahasan sekitar perkara yang masuk di Pengadilan Agama Jakarta Barat sampai bulan Nopember 2015 sebanyak 2000 perkara yang di dominasi oleh perkara Perceraian, tentang Itsbat Nikah dan Sidang terpadu antara Pengadilan Agama Jakarta Barat, Kementrian Agama Kota jakarta Barat serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Brat. Kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat dengan Pengadilan Agama Jakarta Barat yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB itu berakhir pada pukul 11.00 WIB yang ditutup dengan sesi tanya jawab dari para peserta rapat kepada kedua nara sumber tersebut. Dalam kesempatan ini Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta meminta kepada Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat untuk lebih intensif dalam setiap rapat koordinasi demi terciptanya pelayanan prima kepada masyarakat wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat. Written By : Drs. Safei Agustian

Dibuat Oleh Dika Andrian, S. Kom, SH. Tanggal: 28 Juni 2016

PELANTIKAN HAKIM PENGADILAN AGAMA JAKARTA BARAT
Bertempat di ruang Aula Pengadilan Agama Jakarta Barat, pada hari Rabu, tanggal 03 Februari 2016 M bertepatan dengan tanggal 24 Rabi’ul Akhir 1437 H, diawali dengan pembacaan doa oleh Drs. H. Dahlan Siregar, S.H., M.H. Selanjutnya Bapak Drs. Abd. Latif, M.H., Ketua Pengadilan Agama Kelas I-A Jakarta Barat, melantik 3 (tiga) orang hakim masing-masing bernama: Dra. Hj. Neliati, S.H. (Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor: 3339/DJA/KP.04.6/SK/12/2015) yang sebelumnya adalah hakim di Pengadilan Agama Padang Kelas I-A, Drs. Mahdy Usman, S.H. (Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor: 3400/DJA/KP.04.6/SK/12/2015) sebelumnya adalah hakim di Mahkamah Syar’iah Kelas I-A Banda Aceh dan Dra. Hj. Absari (Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor: 3380/DJA/KP.04.6/SK/12/2015) sebelumnya adalah hakim di Pengadilan Agama Tanggerang Kelas I-B. B.



Dibuat Oleh Widya Fausiah, SE, MH. Tanggal: 28 Juni 2016